Tentang AKB48 (Group Idol Japan)

Gambar

Sebagian dari anda yang datang ke sini mungkin juga bagian dari “Wota” (istilah/nama bagi para penggemar berat AKB48).  Bermacam-macam alasan yang akan muncul dari jawaban-jawaban anda sekalian.  Mungkin ada yang karena membernya yang “Kawaii” (imut) dan cantik-cantik atau mungkin karena lagu-lagu yang diproduksi oleh manajemen mereka yang enak didengar dan ditambah lagi dengan suara-suara mereka yang terdengar nyaman ditelinga dan masih banyak lagi alasan yang akan muncul.

Jujur awalnya saya juga menyukai group idol asal Jepang ini karena hal-hal tersebut.  Dimulai dari abang saya yang memperkenalkan saya dengan AKB48, saya heran kenapa lagu itu diulang hingga berkali-kali yang akhirnya membuat saya penasaran dan masuklah saya ke kamarnya.  Lagu awal yang saya dengarkan itu adalah lagu mereka yang berjudul “Heavy Rotation” versi konser.  Sontak saya bertanya, “Itu lagu apaan sih, kok diulang-ulang..??”.  Setelah mendapatkan beberapa penjelasan, saya pun mulai tertarik dengan lagu itu, mulai lah memperhatikannya dan muncul lah expresi yang di luar perkiraan, “WOooOooOW, cantik-cantik yak..!! Lagunya juga bagus, mmm.. Dengan orang sebanyak itu, mereka bisa menari dengan rapi, Hebaaaaat..!!”.  Makin hari makin penasaran dan penasaran, akhirnya dalam beberapa hari saya berhasil mengumpulkan banyak PV (Video Clip), beserta aksi-aksi konser mereka.  Di suatu hari saya mulai penasaran dengan latar belakang mereka.  Setelah berhasil mengumpulkan berbagai macam sumber tentang mereka, saya pun baru tersadarkan.  Ternyata group idol ini telah berdiri cukup lama dengan jumlah album mereka yang telah beredar hingga ratusan lagu, dan jumlah personilnya pun sangat banyak jumlahnya, sebagian ada yang telah “Graduated” (istilah bagi mereka yang keluar dari group).  Saya pikir ini bukan lah group musik biasa, mungkin semacam sarana pelatihan yang bertujuan untuk membentuk karakter member-membernya hingga menjadi terkenal dan berhasil meraih mimpi-mimpi mereka seperti yang telah mereka dapatkan saat ini.

Saya semakin menyukai mereka setelah mempelajari latar belakang mereka tersebut, baik secara umum maupun secara khusus mengenai 1 per 1 member.  Saya merasa takjub, dari ide/gagasan yang dirancang oleh produser mereka Yasushi Akimoto dan setelah membaca latar belakang dari member Takamina ( Minami Takahashi ) Sang Kapten Tim, Mariko Shinoda dan Yukirin ( Kawishagi Yuki ).

Info-info yang saya dapat tersebut sontak membuat saya takjub dan secara tidak langsung memberi motivasi tersendiri buat diri saya pribadi.  Saya akan merangkum cerita-cerita tersebut untuk anda semua dari beberapa sumber dan tentunya akan membahas lebih mendalam tentang mereka.

Sebenarnya saya mau bicara panjang lebar lagi.  Tapi dari pada keasikan curhat, mending langsung aja ke pokok pembahasannya.😀

AKB48..?? AKB..??  48..??  Idol Group..??  Apa itu..??

Gambar

Mungkin ada yang belum tau atau masih asing dengan nama itu.  Mari ikuti ceritanya..

AKB48 adalah sebuah group idol perempuan asal Jepang yang dibentuk oleh Yasushi Akimoto.  (Perlu diingat : ini GROUP IDOL, bukan GIRL BAND.  Sangat berbeda, berbeda sekali).  Grup ini punya teater khusus di Akihabara (sebuah distrik di Tokyo).  AKB48 memegang Guiness World Record Grup Penyanyi Pop dengan anggota terbanyak di dunia.

Grup ini terbagi menjadi 4 Tim, yaitu Tim A, Tim K, dan Tim B, dengan jumlah yang sama masing – masing 16 orang, serta Tim 4 yang beranggotakan 11 orang, total sebanyak 59 anggota sampai dengan 2 September 2011. Setiap tim memproduksi sebuah konser baru tiap musim teatrikal.

Kapten Tim A adalah Minami Takahashi.

Gambar

Tim K Sayaka Akimoto.

Gambar

dan Tim B Kawishagi Yuki.

 Gambar

Nama AKB48 diambil dari Akihabara, sebuah area di Tokyo, dimana pada lantai ke-8 toko Don Quijote terletak teater milik grup ini. Ide Akimoto, yang kemudian diperkenalkan sebagai “idola yang dapat kamu temui” (Idol You Can See Met), yaitu membuat sebuah grup idola berbasis teater dimana para penggemar bisa melihat mereka setiap hari.  AKB48 masih tampil di teaternya setiap hari, namun karena permintaan yang sangat besar tiketnya sekarang hanya didistribusikan lewat sebuah undian.

 Gambar

Sejarah Singkat Terbentuknya :

Pada Tahun 2005

Pada bulan Juli 2005, Yasushi Akimoto mengadakan audisi untuk sebuah teater baru berdasarkan kelompok gadis idola. Dari 7.924 gadis-gadis yang diterapkan, 45 melewati putaran pertama audisi.  Akhirnya, hanya 24 anak perempuan dipilih untuk berada di grup.

Pada bulan Desember 2005, kelompok ini memulai debutnya di teater dengan hanya 20 anak perempuan, kemudian dikenal sebagai Tim A. Audisi baru diumumkan, audisi ini diselenggarakan bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi Jepang NTT DoCoMo . Itu adalah audisi pertama di mana pelamar harus mengirimkan video audisi mereka dengan ponsel mereka. 19 dari 11.892 pelamar dipilih untuk bergabung AKB48, namun pada akhirnya hanya 18 anak perempuan bergabung dengan kelompok untuk menjadi Tim K pada bulan April 2006.

Pada Tahun 2006

Pada bulan Januari 2006, Mariko Shinoda bergabung dengan grup. Ayako Uemura dan Usami Yuki. Tim A kedua lulus tahun 2006.

AKB48 merilis single debut ” “Sakura no Hanabiratachi” “pada bulan Februari 2006, yang berhasil mencapai # 10 di Oricon grafik mingguan dan dijual 22.011 unit dalam minggu pertama – mengejutkan untuk kelompok pada label indie.

Pada bulan Agustus 2006, mereka menandatangani kontrak dengan major label DefStar Records , bagian dari Sony Music Entertainment . Single pertama mereka di bawah DefSTAR Records, “Aitakatta”, dirilis pada tanggal 25 Oktober 2006 dan harus #12 di Oricon grafik mingguan tunggal.

Pada bulan Oktober 2006, audisi baru diumumkan untuk membentuk Tim B, sehingga kedatangan 13 anggota baru pada bulan Desember 2006.

Pada bulan Desember 2006, perubahan pertama dilakukan terhadap tiga tim; mengambil anggota Kazumi Urano , Shiho Watanabe , dan Natsumi Hirajima dari Tim A ke Tim B. Ayumi Orii lulus dari grup lama setelah ini, meskipukemudian muncul di unit -teman dari Crayon AKB48 setelah ia lulus.

Pada Tahun 2007

Pada tanggal 31 Januari, 2007 AKB48 single keempat (kedua di bawah DefSTAR Records) “Seifuku ga Jama wo Suru” dirilis, lalu mencapai peringkat ke-7 pada grafik Oricon. Ada spekulasi bahwa PV dan lirik lagu ini merupakan sindiran untuk Enjo kōsai prostitusi di bawah umur sukarela–meskipun hal ini belum dikonfirmasi. Single berikut mereka, “Keibetsu Shiteita Aijō”, menampilkan tema bullying di seluruh lirik dan PV.

Pada bulan April 2007, Tim B telah ditambahkan ke dalam situs resmi AKB48′s, meskipun dengan lima anggota kurang dari awal yang telah  diumumkan. Hal ini membawa sejumlah kelompok turun 53-48 – pertama kalinya sejak pembentukannya bahwa jumlah anggota mencerminkan nama kelompok.  Anggota Yu Imai , Michiru Hoshino , dan Ayana Takada lulus di sekitar waktu yang sama selama bulan Juni 2007. Namun, Takada adalah satu-satunya ini muncul di PV untuk single keenam kelompok itu, “Bingo!” Yang dirilis pada tanggal 18 Juli 2007.

Pada tanggal 31 Desember 2007, 46 anggota AKB48 muncul di Tahunan ke-58 Kohaku Uta Gassen untuk pertama kalinya. Mereka menyanyikan sebagai bagian dari kinerja Akihabara, dengan Leah Dizon dan Shoko Nakagawa mengikuti mereka. Mereka menjadi paling banyak orang dalam satu kelompok berada di panggung pada satu waktu.

Pada Tahun 2008

AKB48 merilis studio album pertama mereka pada Hari Tahun Baru berjudul Set List: Greatest Songs 2006-2007 . Pada tanggal 27 Februari 2008, AKB48 merilis 10 single yang berjudul, “Sakura no Hanabiratachi 2008”. Pada saat merilis single perdana mereka “Sakura no Hanabiratachi”, hanya ada tim A di AKB48. Single ini memiliki 10 10 anggota dari tim A, bersama dengan 6 anggota yang dipilih dari tim K, dan 5 anggota dipilih dari tim B sehingga versi 2008.

Direncanakan bahwa orang yang mengumpulkan 44 poster dari CD single akan diundang ke acara khusus, tapi tindakan ini diduga sebagai pelanggaran terhadap undang-undang antitrust dan akhirnya dibatalkan oleh DefStar Records. Pada bulan Agustus 2008, mereka pindah dari DefStar Records dari Sony Music Entertainment ke King Records.

Pada tanggal 22 Oktober 2008, single “Ōgoe Diamond” dirilis dan selesai minggu pertama dengan nomor-tiga di Oricon chart. It was AKB48′s first single that made into top three of the chart. Ini adalah single pertama AKB48 yang dibuat menjadi tiga bagian atas tabel.

Pada Tahun 2009

AKB48 merilis 11 single “Jūnen Zakura” pada tanggal 4 Maret 2009.  Single ini dibuat menjadi nomor tiga dari Oricon chart pada minggu pertama dan akhirnya menjadi single pertama bagi mereka untuk menjual lebih dari 100.000 eksemplar di tangga lagu Oricon.

AKB48 Tim A menjadi tamu kehormatan bagi Japan Expo di Paris antara Juli 2 sampai 5, 2009.

Pada 24 Juni, single termasuk tiket handshaking acara dan kartu suara (dengan nomor seri) untuk single mereka berikutnya “Namida Surprise!” yang terjual 104.180 kopi di minggu pertama di Oricon chart. Single ke-13 mereka “Iiwake Maybe” dirilis pada 26 Agustus 2009.

AKB48 memiliki US Konser Debut di Webster Hall pada tanggal 27 September 2009.

Pada bulan Oktober 2009, tiga single “Jūnen Zakura”, “Namida Surprise!” and “Iiwake Maybe” diberikan sertifikat Gold oleh Recording Industry Association of Japan dan pada waktu yang sama terjual 100.000 copy di bulan September. Single ke-14, “River” kemudian dirlis pada 21 October 2009, dan menjadi nomor satu di Oricon sejak debut perdananya. dan sertifikat Gold “Iiwake Maybe” telah disertifikasi oleh Asosiasi Industri Rekaman Jepang pada waktu yang sama untuk setiap pengiriman dari 100.000 eksemplar pada bulan September. Kemudian,  mereka 14 “Sungai” dirilis pada tanggal 21 Oktober 2009, dan hit nomor 1 di Oricon pada debut.

Pada Tahun 2010

AKB48 merilis 15 single “Sakura no Shiori” pada 17 Februari, 2010. Single puncak Oricon chart dan terjual lebih dari 300.000 kopi dalam minggu pertama, yang merupakan rekor terbaik dalam tujuh tahun perupa perempuan Jepang.  mereka 16 tunggal “ekor kuda untuk Shushu” dirilis pada tanggal 26 Mei 2010,, terjual lebih dari 400.000 eksemplar di hari pertama, dan lebih dari 513.000 kopi dalam minggu pertama, membuat ini menjadi pertama yang menjual AKB48 terbesar tunggal dalam minggu pertama itu. Pada tanggal 27 April 2010, diumumkan bahwa AKB48 akan menghadiri dan tampil di Amerika Serikat pada Anime Expo , konvensi anime terbesar bangsa, sebagai tamu kehormatan resmi. Pada konser AKB48′s di Gimnasium Nasional Yoyogi pada hari Minggu pada bulan Juli 2010, diumumkan bahwa anggota Tim K Erena Ono akan lulus dari AKB48 untuk belajar akting luar negeri. Erena lulus dari AKB48 pada tanggal 27 September 2010 di sebuah teater K kinerja Tim dan sekarang belajar bertindak di luar negeri di London.

Sejak tahun 2005 saat AKB48 berdiri, Yasushi Akimoto membentuk beberapa grup lainnya: “SKE48” (Sakae48) yang berbasis sebuah teater di Sakae, Nagoya. “SDN48” (Saturday Night48), “NMB48” (Namba48), serta “JKT48” (Jakarta48) yang merupakan sister group pertama yang berbasis di luar negeri.

Pada 4 November 2006, diumumkan bahwa anggota AKB48 akan dibagi menjadi 2 grup yang lain, yaitu Baragumi (grup mawar) dan Yurigumi (grup lili). Ide ini akhirnya tidak jadi dilakukan karena satu dan lain hal. Adapun pada Juli 2007 dibentuk Himawarigumi yang anggotanya merupakan gabungan dari beberapa anggota tim A dan K, ditambah 4 anggota kenkyuusei. Himawarigumi sendiri terbagi ke dalam 2 tim.

Konsep lainnya yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009 adalah pemilihan umum (Senbatsu) dimana para penggemar memberikan suara untuk memilih anggota-anggota yang akan berpartisipasi dalam rekaman singel AKB48 selanjutnya.  Dalam pemilihan terakhir yang dilakukan pada bulan Juni-Juli 2011 dan mengumpulkan lebih dari satu juta suara, terpilih 40 orang dari 152 anggota “AKB48”, “SKE48”, “SDN48”, dan “NMB48”. Pada tahun 2010, muncul sebuah metode seleksi baru.  Para anggota saling berkompetisi satu sama lain dalam sebuah turnamen “Janken Pon” (Istilah suit Jepang seperti yang kita kenal sebagai suit batu-kertas-gunting) untuk bisa berpartisipasi dalam singel. Turnamen kedua dilaksanakan pada 20 September 2011.

Gambar

Mmmm.. Sebelum Jauh mempelajari dan mengupas mengenai AKB48, mungkin anda harus mengetahui dulu hal-hal dibawah ini :

Tadi saya ada menekankan bahwa AKB48 adalah IDOL GROUP, bukan Girl Band.  Lantas,  apa sih yang membedakan mereka dengan Girlband-Girlband pada umumnya..??

Oke.. Mungkin anda berpikir, “kayaknya sama aja deh, mereka kan sama-sama sebuah group dengan beranggotakan beberapa cewek, berpakaian seksi, joget-joget di panggung..”

Ini ada sedikit penjelasan yang telah diungkapkan oleh Sang Kapten AKB48, Takahashi Minami saat berkunjung ke Jakarta beberapa waktu yang lalu.  Anda akan menemukan jawabannya setelah membaca dan memahami penjelasan dibawah mengenai hal apa yang menjadi kelebihan dari AKB48 dibandingkan GB lain, terutama group asal Korea.

Ini perbedaannya :

  1. Jumlah anggota yang sangat banyak :

AKB48 bahkan tercatat dalam buku record dunia Guiness Book of Record sebagai Group Idol dengan jumlah personil terbanyak. Dengan personil sejumlah 48 orang, terbagi menjadi 3 team besar, Team A, Team K dan Team B. Bagaimana cara memanage 48 orang dengan kepribadian yang berbeda-beda ? Produser Atsushi Akimoto adalah seorang yang jenius. Hanya dengan konsep “Semangat, tidak mudah menyerah dan mau belajar”, beliau bisa menyatukan visi dari ke-48 orang membernya. Selain ke-48 member, masih ada team 4, yaitu team yang dipersiapkan untuk menggantikan posisi seniornya di Team A, Team K atau Team B. Selain itu juga, AKB48 memiliki 4 sisters Group di daratan Jepang sendiri yaitu SKE48, HKT48, NMB48 dan SDN48. Dan sister group pertama diluar jepang adalah “JKT48” yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. ( Yang seharusnya membuat Indonesia bangga karena dari sekian banyak negara di Asia yang mencalonkan diri seperti Hongkong, Singapore, Thailand, Philiphines, Vietnam dan Myanmar, Indonesia lah yang terpilih oleh AKB48 Management, Japan. Bukan malah justru menuduh plagiat, niru, mendompleng ketenaran, dll …zzzzzzz )

 Gambar

2.  Kekompakan dan saling membantu sesama member.

Ibarat sebuah team sepak bola, AKB48 tidak mungkin bisa maju bila hanya mengandalkan individual skill. Tiap manusia pasti ada kekurangannya. Kekurangan 1 orang, bisa disupport oleh banyak orang. Tapi kelebihan orang itu, pasti bisa mensupport member lain. Karena itu seluruh personil AKB48 sangat dekat satu dengan lainnya. Tidak ada saling menjatuhkan.

 GambarGambar

3.  Konsep “Idol You Can Meet Everyday”.

Konsep yang sungguh “nyeleneh”. Biasanya yang namanya selebriti selalu hidup dalam kemewahan, eksklusif dan tertutup. Tapi berbeda dengan AKB48, para fans bisa langsung menemui mereka di gedung theater AKB48 di Tokyo. Bahkan bukan tidak mungkin bisa bercakap-cakap atau sekedar shakehand atau berfoto bersama. Dari konsep ini, muncullah kecintaanku yang berikutnya yaitu :

Gambar

4.  Dekat dengan para fansnya.

Setiap mereka mengadakan konser, sebelum dimulai, para personil AKB48 datang menghampiri para fans yang mengantri masuk ke gedung pertunjukkan dan memberikan salam sambil mengucapkan terima kasih sudah mau datang. Bahkan tidak jarang pula justru para personilnya ini yang menjaga pintu masuk sekaligus yang menyobek tiket para fans yang datang menonton konser mereka. Sungguh luar biasa. Karena menurut mereka, tanpa adanya fans, mereka bukanlah apa-apa. Karena itu mereka sangat senang untuk bertemu dengan para fans dari seluruh dunia.

5.  Semua personil AKB48 bertalenta.

Inilah yang membuat AKB48 tidak bisa disebut dengan Girl Band, karena konsep mereka adalah Idol Group. Mereka bisa segalanya yang berhubungan dengan dunia entertainment. Tidak hanya menyanyi saja, hampir seluruh personil pernah terlibat dalam film, baik dorama maupun film layar lebar. Selain itu, beberapa dari mereka sering menjadi MC dalam pertunjukkan-pertunjukkan atau live show seperti siaran olahraga tingkat dunia. Beberapa ada yang menjadi bintang iklan, foto model majalah, model video clip. Dan setiap personil dibekali dengan kemampuan Public Speaking, karena itu setiap penampilan mereka, MC yang membawakan acara bisa berbeda-beda. Bahkan salah satu personil AKB48, Shinoda Mariko telah menerbitkan majalahnya sendiri dan bercita-cita ingin menjadi seorang sutradara.

 Gambar

6.  FANS AKB48 yang sangat sopan dan terpelajar.

Tidak pernah aku melihat dalam konser AKB48, meet and greet bahkan pada saat kedatangan Idol mereka ini di bandara, ada fans yang berteriak-teriak kesetanan hingga histeris, atau berbuat anarkis dengan berusaha memegang-megang idolanya atau hingga menyakiti mereka ketika sedang lewat. Fans AKB48 atau sering disebut Wota AKB48 ( Otaku Idol ), seluruhnya sopan, dewasa dan sangat bersahabat. Mungkin karena konsep “Idol you can meet” yang dicetuskan oleh Akimoto, tidak ada lagi fans yang merasa sulit untuk bertemu dengan idola mereka ini. Konsep yang sangat brilian menurut saya.

Gambar

7.  Berdisiplin tinggi.

Setiap sebelum mulai konser, mereka selalu mengadakan briefing seluruh anggota di sebuah ruangan besar,di pimpin oleh Kapten Team, entah berdoa bersama atau mengeluarkan uneq2 sambil bergandengan tangan. Sebab diatas panggung nanti, tidak boleh ada kesalahan dan diatas panggung mereka bukanlah individu lagi melainkan satu kesatuan…AKB48

Gambar

8.  Adil, setara dan penghargaan dari management.

Setiap personil AKB48 mendapatkan kesempatan yang sama untuk tampil dalam PV atau di atas panggung. Oleh karena jumlahnya yang besar, maka kesempatan untuk tampil itu dengan cara polling dari penggemar. Atau mulai tahun 2009, mulai diadakan kompetisi Jankenpon di antara para personil untuk memilih personil siapa yang akan menjadi center dalam single berikutnya. Tahun ini kompetisi Janken dimenangkan oleh Shinoda Mariko. Karena itu lah single terbaru AKB48 berjudul “Ue Kara Mariko”. Selain kompetisi Jankenpon, para fans juga diajak ikut berpartisipasi dalam ajang yang disebut Senbatsu. Pemilihan anggota terfavorit, untuk ikut masuk ke dalam single maupun pembuatan PV melalui polling dari pilihan para fans.

Di antara 48 member ada 9 orang yang hampir selalu ada dalam nominasi Senbatsu, Mereka adalah Atsuko Maeda, Shinoda Mariko, Haruna Kojima dan Minami Takahashi ( Team A ), Yuko Oshima, Sae Miyazawa dan Tomomi Itano ( Team K ), Yuki Kashiwagi dan Mayu Watanabe ( Team B ).

Gambar

9.  Kesombongan adalah pantangan dalam group.

Meskipun dari sekian banyak member AKB48, beberapa ada yang sudah terkenal sebagai bintang film. Contohnya Atsuko Maeda dan Yuko Oshima. Meskipun mereka disibukkan oleh jadwal syuting, mereka tidak pernah melupakan bahwa keberhasilan mereka berasal dari AKB48. Mereka lebih mendahulukan konser AKB48 ataupun jumpa fans AKB48 dibandingkan jadwal syuting untuk dorama maupun film.

Gambar

10.  Pencapaian Prestasi yang luar biasa.

Tahun 2011 ini AKB48 mencatatkan 5 rekor penjualan single di peringkat 1 s/d 5 chart Jepang dengan penjualan single diatas 1 juta copy di minggu pertama setelah launching. Prestasi yang sangat luar biasa. Bahkan prestasi mereka ini memecahkan rekor yang telah bertahan selama 12 tahun yang dipegang oleh GB SPEED, senior mereka di awal tahun 2000-an. Ditambah lagi, AKB48 telah go International dengan mengadakan beberapa konser di luar negeri mulai dari Perancis, Taiwan, Hong kong, Singapore dan New York, Amerika Serikat.

 Gambar

11.  Rasa solidaritas yang tinggi.

Setiap member AKB48 merasa sudah seperti keluarga sendiri. Karena itu lah apabila ada seseorang member yang terkena musibah atau harus mengundurkan diri dari group, hampir seluruh personil bisa menangis beramai-ramai pada saat upacara kelulusan ( istilah pengunduran diri dari member ). Dan AKB48 selalu menggelar konser perpisahan dengan salah satu anggotanya yang akan graduate.

Foto ini adalah upacara pelepasan sekaligus konser terakhir dari personil Team K, Ono Erena yang lulus di tahun 2011, karena ingin fokus melanjutkan studinya ke luar negeri. Selayaknya sebuah konser besar, konser ini dihadiri oleh seluruh personil AKB48 termasuk produser dan Chairman, Akimoto Yasushi. Dan selayaknya upacara wisuda, personil yang lulus diberikan sertifikat kelulusan dari AKB48 Academy. Dan para fans yang hadir pun diberikan kesempatan untuk bersalaman sekaligus mengucapkan salam perpisahan dengan personil yang bersangkutan. Sungguh suatu penghargaan yang luar biasa.

(Jika ada anggota yang keluar AKB48 tidak mengadakan audisi lagi melainkan anggota dari team traine yang akan menggantikannya).

Gambar

12.  Menyapa fansnya tidak hanya melalui konser.

AKB48 memiliki banyak sekali acara talk show maupun games show seperti AKBINGO yang melibatkan seluruh personilnya dan rutin ditayangkan seminggu sekali di salah satu channel televisi Jepang. Karena itulah AKB48 semakin dekat dengan fansnya, karena dalam acara ini benar-benar dibuka bagaimana keseharian para personilnya, sifat-sifat jeleknya, dsb. Selain itu, AKB48 SHOP dan Cafe juga membuka cabang di beberapa belahan Asia seperti Singapore dan Hongkong. Dan setiap tahun sekali, para member AKB48 datang ke tempat ini untuk temu fans maupun melakukan mini concert di sini. Dan satu lagi, dengan aktifnya Google+, setiap member AKB48 menyapa fansnya lewat situs jejaring baru ini dan setiap harinya mereka mengupdate status mereka supaya para fans mengetahui aktivitas dari idola mereka masing-masing.

 Gambar

13.  AKB48 dipimpin dan dibentuk oleh seorang seniman yang sangat berdedikasi tinggi dan seorang sangat jenius.

Hampir seluruh lagu yang dinyanyikan dan menjadi HITS adalah hasil karya beliau, Akimoto Yasushi. Konsep “The Idol You Can Meet Everyday” juga adalah hasil pemikiran beliau di tahun 2005, ketika pertama kali mendirikan AKIHABARA 48. Sampai saat ini, Akimoto sendiri masih menjadi team seleksi dari setiap member yang tergabung dalam naungan AKB48 Management. Termasuk ketika proses Audisi untuk JKT48, beliau sendiri datang ke Jakarta untuk melakukan audisi. Pemikiran beliau yang sangat bijaksana selalu mengatakan, “There is no perfect girl in AKB48 or the sister group”. Tidak ada satupun personil AKB48 ataupun sister groupnya yang sempurna. Segalanya hanya bisa dicapai dengan kerja keras, keringat, air mata serta kemauan dan semangat untuk belajar dari masing-masing personil.

Gambar

Sekilas tentang Yashushi Akimoto (Produser AKB48).

Akimoto Yasushi yang lahir pada tanggal 2 Mei 1956, adalah seorang Profesor sekaligus dosen dan Vice President dari Kyoto University of Art & Design. Setelah beliau memperkenalkan sekaligus launching Sister Group AKB48 pertama di luar Jepang, yaitu JKT48, Jakarta, Indonesia, beliau berencana untuk memperkenalkan Sister Group ke dua yaitu. TPE48 ( Taipei, Taiwan ) di tahun 2012 ini.

Sang pencipta lirik. Pernah menjadi penulis di bidang penyiaran saat SMA, dan sejak itu, ia telah memproduksi banyak acara populer, seperti ”The Best Ten”. Pada tahun 1983, ia menulis lirik untuk lagu Hibari Misora yang berjudul ”Kawa no Nagare no YouniEdan dilanjutkan dengan mencetak hit besar Mika Nakashima yang berjudul ”WillE Exile dengan ”ExitE dan JERO dengan”UmiyukiE Pada tahun 1991 ia menjadi sutradara film ”Goodbye MamaE” yang menampilkan Keiko Matsuzaka. Ia juga berpartisipasi dalam memproduksi film ”Chakushin Ari (One Missed Call) Edan ”Densen UtaE Di bulan Mei 2005, ia terpilih sebagai profesor di Kyoto University of Art and Design. Kemudian, pada April 2007, ia menjadi rektor di universitas tersebut.

Ia telah memproduksi berbagai acara televisi, seperti ”Oshare-ismE ”UtabanE ”Tonnels no Minasan no Okage deshita E dan juga memiliki acara radio “Yasushi Akimoto’s Mature StyleEyang disiarkan di Tokyo FM. Namanya sering ditulis di banyak media, seperti majalah dan koran. Pada musim gugur tahun 2007, novel ”Zou no Senaka Edi angkat menjadi kartun Jepang oleh Pony Canyon dan komik oleh penerbit Kobunsha.  Kedua karya tersebut menjadi perbincangan hangat di mana-mana.  Berikut adalah komentar dari pencipta lirik dan penulis, Yasushi Akimoto, produser umum AKB48, yang telah memimpin dunia hiburan Jepang sejak beberapa tahun.

Sekian dulu yang bisa saya informasikan kepada kalian, entar saya tambahin lagi penjelasan mendalam mengenai AKB48 di tulisan selanjutnya.

Kalau mau download Mp3nya silahkan Klik sini lumayan lengkap lah lagu-lagunya

About maliqibrahim

so difficult to describe about me, so you must recognize me more and more..

Posted on Mei 18, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: